apakah kamu menonton kehebohan ajang Asian Games kemarin? terutama bidang olahraga badminton? Wah keren ya, apalagi waktu dengar berita tentang tim putra badminton Indonesia yang mampu meraih medali perak melawan tim China.
So cool~
Atlet badminton sebagai contoh gerak mekanik
Para atlet tim putra Indonesia di ajang Asian games 2018 (Sumber: kumparan.com)

Tapi, di balik permainan para atlet ini, kamu tahu nggak kalau ternyata selama pertandingan mereka mengeluarkan energi apa aja? Yuk, kita belajar bareng.
Energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha. Kok suatu benda bisa punya energi? Suatu benda dikatakan memiliki energi apabila benda tersebut dapat menghasilkan gaya yang bisa melakukan kerja. Contohnya pada permainan badminton ini.

badminton
Permainan Anthony Ginting dalam Asian Games 2018 (Sumber: Indosiar via Youtube)

Ada 3 jenis hukum energi yang digunakan dalam permainan badminton, yaitu:

Energi kinetik
Energi kinetik merupakan energi yang timbul karena suatu benda bergerak. Dalam permainan badminton, energi kinetik merupakan energi yang dikeluarkan para atlet agar shuttlecock mampu terbang ke arah lawan.

Energi kinetik ini dapat dihitung dengan cara:
EK = ½ mv2
di mana:
EK = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)v = kecepatan gerak benda (m/s)

Energi Potensial
Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh suatu benda karena ketinggian atau posisinya. Kunci dari energi potensial ini adalah semakin tinggi benda, maka semakin besar juga energi potensialnya. Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh shuttlecock ketika sudah berada di udara dan menuju ke arah lawan.
Penghitungan energi potensial ini adalah dengan cara:
EP= m.g.h
di mana :
EP = Energi Potensial (J)
m = massa benda (kg)g = percepatan gravitasi (m/s2)h = tinggi benda (m)

Energi Mekanik
Energi yang terakhir adalah energi mekanik. Energi mekanik merupakan jumlah energi kinetik dan energi potensial dalam suatu benda yang digunakan untuk melakukan usaha. Dengan kata lain, energi dalam suatu benda karena gerakan, atau posisi, atau keduanya. Contoh dari energi mekanik ini adalah kegiatan service. Mulai dari pemain memukul bola (mengeluarkan energi kinetik), dan shuttlecock terbang melambung (energi potensial) dan jatuh ke lapangan lawan.

EM = EP + EK

pengertian energi mekanik
Jadi, dalam setiap pergerakan atlet ketika sedang bertanding, mereka mengeluarkan energi yang sedang kita pelajari.
 
Top