Kamu pernah 'kan lari-lari lalu jadi merasa lelah? Maka, hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah beristirahat. Misalnya dengan cara duduk, berdiri di depan kipas angin, atau mengonsumsi makanan dan minuman. Hal ini perlu kamu lakukan, karena sudah kehabisan energi. Apa sih energi itu? Apa hubungannya lelah dengan energi? Ayo, kita temukan jawabannya!

Seperti peralatan elektronik yang memakai baterai, jika peralatan tersebut kehabisan baterainya, maka alat itu tidak akan bisa bekerja dan mati. Selain itu, jika ada dua alat elektronik yang memiliki baterai berbeda, misalnya yang satu dalam keadaan penuh, dan yang satunya dalam keadaan setengah, maka alat yang memiliki kondisi baterai penuh akan bertahan dan bekerja lebih lama.

konsep energi
Mengganti baterai, untuk mendapatkan energi yang baru (sumber: giphy.com)

Baterai dan kelelahan manusia sama-sama dipengaruhi oleh energi yaitu kemampuan suatu benda untuk melakukan kerja (usaha)Jika energi habis maka suatu benda itu tidak akan bisa melakukan kerja (usaha). Manusia bisa merasa kelelahan sehabis berkegiatan, karena manusia menggunakan energi. Maka, manusia beristirahat dan mengonsumsi makanan serta minuman untuk mengembalikan energi yang hilang.
Dalam satuan internasional (SI), satuan untuk menunjukkan energi adalah joule. Selain itu, untuk menyatakan energi dalam bentuk kimia digunakan kalori dan kWh untuk menyatakan energi listrik.

konsep energi

Alam menyediakan banyak sekali sumber energi yang dapat digunakan oleh manusia. Angin, air, cahaya, minyak bumi, bahkan bunyi pun memiliki energi. Satu yang paling besar dan penting adalah matahari. Cahaya pada matahari digunakan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan oksigen untuk menopang kehidupan. Energi matahari juga bisa membuat air menguap dan melakukan siklus untuk membuat hujan, serta masih banyak lainnya.
konsep energi
Panel surya, digunakan untuk menyerap energi yang dihasilkan panas matahari (sumber: giphy.com)

Bumi pun juga menyediakan energi yang dapat kita manfaatkan. Misalnya panas bumi, yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Selain itu ada juga minyak bumi yang selama ini kita gunakan sebagai bahan bakar (bensin, solar, minyak tanah).
konsep energi
Pembangkit listrik tenaga panas bumi/geothernal (sumber: ecotias.com)

Manusia juga menciptakan sumber energi lain yang cukup berbahaya, yaitu melalui radioaktif dari uranium dan plutonium. Biasanya kita mengenal energi ini dengan nama energi nuklir. Memang, energi nuklir dapat menghasilkan tenaga yang besar melalui proses radiasi, tetapi diperlukan tenaga ahli dan perlengkapan yang memadai untuk menstabilkan radiasinya sebelum bisa digunakan tenaganya. karena jika salah penanganan maka uranium atau plutonium ini bisa meledak dengan sangat dahsyat!
konsep energi
Nuklir juga dapat dijadikan sebuah bom dan meledak dengan dahsyat! (sumber: giphy.com)

Dalam ilmu fisika, konsep energi yang paling mudah adalah menghitung gaya dan usaha, di mana jika suatu benda diberikan energi atau usaha, maka akan menghasilkan gaya, dengan adanya gaya memungkinkan benda tersebut berpindah tempat dari titik satu ke titik lainnya.
Contohnya jika kamu mendorong sebuah kotak, dan kotak tersebut bergerak maju sejauh 20 meter. Di sini kamu telah memberikan energi atau usaha kepada kotak tersebut, sehingga kotak tersebut terdorong dengan gaya maju sejauh 20 meter. 
konsep energiMakan sebagai cara untuk mengembalikan energi pada makhluk hidup (sumber: giphy.com/nickelodeon)

Makhluk hidup membutuhkan energi untuk beraktivitas. Manusia menggunakan energi untuk menopang dan mempermudah hidupnya. Alam menyediakan banyak energi yang masih belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh manusia, misalnya energi panas matahari, gelombang laut, dan masih banyak lagi.
Kesimpulannya, energi adalah suatu tenaga yang memungkinkan makhluk hidup dapat bergerak dan beraktivitas. Selain itu dalam ilmu fisika, energi atau usaha jika diberikan kepada sebuah benda akan memungkinkan benda tersebut untuk bergerak karena adanya gaya. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memanfaatkan energi baik alami atau buatan untuk memudahkan hidupnya, seperti memanfaatkan energi uap untuk menjadi pembangkit listrik.
 
Top